Floating Market Lembang, Objek Wisata Favorit dengan Konsep Menarik

Terkenal dengan julukan Paris van Java, Bandung punya banyak pesona yang siap membuat siapapun terkesima. Salah satunya di daerah Lembang, Kabupaten Bandung Barat, anda bisa menemukan destinasi unik berupa pasar terapung. Floating Market Lembang tersebut bahkan langsung diserbu pelancong dari berbagai daerah sejak awal beroperasinya.

Daya Tarik Floating Market

1. Pasar Terapung Terbesar di Indonesia

Awalnya, wisata pasar terapung yang ada di Lembang Bandung ini memang tidak begitu luas. Dulu danau tempat pasar terapung ini bahkan digunakan sebagai tempat pemancingan sebelum beralih fungsi. Dibuka tahun 2012 silam, wisata pasar terapung Lembang berada di atas lahan dengan luas mencapai 7,2 hektar dengan konsep yang unik.

Namun jangan dibayangkan seperti pasang terapung Muara Kuin atau Lok Baintan yang ada di Kalimantan. Mengingat bahwa pasar terapung ini dibuat di atas danau dan hanya tempat jualan aneka makanan saja yang ada di dalam perahu. Sementara pengunjung tetap berada di daratan untuk menikmati kuliner yang ada, di deretan tempat makan yang sudah disediakan.

Promo Shopee Terbaru

Dimana anda bisa menemukan banyak sekali menu kuliner menarik yang diperjualbelikan di sana. Mulai dari jajanan tradisional, buah buahan, sampai oleh oleh yang dibuka hanya pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu saja. Jadi jika datang ke lokasi di hari hari tersebut, jangan sampai lupa membawa buah tangan untuk dibawa pulang.

2. Bukan Sekadar Pasar Terapung

Meskipun judulnya Floating Market Lembang, namun bukan berarti yang bisa dinikmati di sini hanya wahana pasar terapung saja. Punya luas mencapai 7,2 hektar, ada banyak wahana menarik yang bisa anda nikmati ketika berkunjung kemari. Seperti Taman Kelinci, Hijab Swimming Pool, Miniatur Kereta Api, The Rock, Kampung Leuit, Rainbow Garden, Kampung Jepang Kyotoku, hingga Kota Mini.

Hal yang perlu diingat yaitu pembayaran di tempat ini sekarang sudah memakai kartu khusus. Jadi anda perlu melakukan top up atau isi ulang kartu dengan nilai tertentu apabila ingin menikmati wahana atau membeli makanan tertentu. Karena masing masing wahana permainan dikenakan tiket yang berbeda, dengan harga yang juga tidak sama.

3. Suasana Nyaman dan Sejuk

Satu lagi alasan yang akan membuat anda betah selama berkunjung ke pasar terapung di Lembang, yakni karena suasananya yang begitu nyaman. Selain pasar kuliner terapung dan berbagai wahana permainan menarik, di sini anda bisa menikmati suasana santai di beberapa cafe. Cafe tersebut dibangun di sekitar area yang cukup asri, hijau, dan tertata rapi, sehingga terasa sangat nyaman untuk beristirahat.

Alamat dan Rute Menuju Destinasi

Pasar Terapung Lembang beralamatkan di Jalan Grand Hotel Nomor 33E, Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya termasuk cukup strategis, sehingga mudah untuk dijangkau. Apalagi lokasi tersebut berada di pusat Lembang, jadi tidak akan sulit bagi anda untuk mencapai destinasi.

Jadi jika dari luar kota, arahkan saja kendaraan menuju ke Lembang, kemudian putar balik ke arah Bandung lewat Masjid Agung Lembang dan pasar. Anda bisa mengikuti arus jalan tersebut, karena lokasi jalan masuknya tidak jauh dari pertigaan ke arah Bandung. Dulu tempat ini dikenal dengan nama Situ Umar, bahkan sampai sekarang Situ Umar masih ada dan menjadi area utama di objek wisata tersebut.

Promo Tokopedia Terbaru

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

1. Kulineran di Pasar Terapung

Berbagai macam kuliner merupakan hal utama yang dijual di pasar terapung Lembang. Sehingga kurang afdol rasanya apabila anda berkunjung ke sini tanpa mencicipi macam macam kuliner yang ada. Apalagi di antaranya ada menu jajanan tradisional yang tentunya tidak selalu bisa anda temukan di tempat lain.

Apalagi uniknya stand tempat jualan makanan di sini berada dalam perahu. Jadi anda bisa mengitari danau untuk mengeksplor aneka varian makanan yang ditawarkan. Karena pengunjung tetap berada di daratan, maka lebih mudah untuk menikmati makanan yang sudah dibeli. Terlebih sudah disediakan tempat khusus bagi para pengunjung untuk menikmati kulinernya.

2. Berfoto Ria di Kampung Jepang Kyotoku

Tidak perlu jauh jauh ke Jepang, anda bisa menyewa kimono atau bahkan pakaian tradisional Korea untuk berfoto ria di atas perahu. Karena konsep dan desain wahananya dibuat semirip mungkin dengan suasana khas Jepang, hasil fotonya tidak akan terlihat jika anda sedang berada di Bandung. Bahkan sudah tersedia paket sewa kostum lengkap dengan cetak foto berukuran 10R jika anda berminat.

3. Mengenal Budaya Khas Sunda Tempo Dulu

Selain bermain, berfoto ria, hingga kulineran, anda juga bisa mengedukasi diri dengan budaya khas Sunda tempo dulu saat berada di sini. Sebab terdapat wahana Kampung Leuit, yang menjadi tempat untuk menyimpan padi. Yang mana masyarakat Sunda zaman dahulu memang sering melakukan hal tersebut. Suasana tempo dulunya semakin kental berkat bangunannya yang dibuat dengan atap berbahan ijuk.

Fasilitas Tersedia

Berbicara mengenai fasilitas, bisa dibilang bahwa Floating Market Lembang telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai. Bukan hanya wahana permainannya yang begitu banyak dan menarik, di sini anda juga bisa menemukan banyak gazebo serta kursi kursi untuk beristirahat.

Jadi saat anda lelah mengitari objek wisata seluas 7,2 hektar tersebut, bisa duduk beristirahat sambil menikmati minuman dan makanan yang ditawarkan, sembari ditemani oleh pemandangan indah di sekitar yang luas biasa. Semua fasilitasnya tersebut tertata dengan rapi sehingga dapat membuat para pengunjung betah berlama lama.

Pasang terapung Lembang menawarkan banyak hal menarik bagi para pengunjung. Bukan hanya kuliner, anda juga bisa menemukan berbagai spot apik yang bisa dinikmati bersama keluarga maupun teman. Mulai dari wahana permainan seru sampai spot indah nan Instagramable yang cocok untuk mengabadikan momen. Yuk atur rencana liburan ke pasar terapung Lembang sekarang juga.

Related Articles