5 Air Terjun Perawan di Jawa Tengah

Kebanyakan air terjun berada di kaki gunung dengan bentang alam berupa hutan dan pohon-pohon yang rimbun atau tebing berbatu terjal yang menjadikannya semakin menarik untuk didatangi. Di Indonesia khususnya di Jawa tengah sebenarnya memiliki banyak air terjun baik yang sudah terekspos di sosial media sehingga mendatangkan banyak pengunjung ataupun yang masih perawan alias masih sepi pengunjung dikarenakan letaknya yang cukup menjorok ke dalam hutan atau akses jalan yang kurang baik.

Berikut akan dipaparkan tentang beberapa air terjun yang ada di Jawa Tengah yang masih menyandang gelar “perawan” karena masih sepi pengunjung. Jangan lupa siapkan waktu luang anda untuk menyusuri penjabaran berikut.

1. Air Terjun Gedad Playen

Air Terjun Gedad Playen

Photo by Google Maps (Awanda Kharisma Muda)

Terletak di Gunung Kidul dan masih berada di wilayah Klaten Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri karena letaknya yang berada di balik tebing tinggi nan terjal. Di dekat air terjun ini terdapat sebuah pondok pesantren peninggalan Kiyai Dardak yang dipercaya sebagai penemu air terjun ini dan hingga saat ini masih beroperasi dan diurus oleh anaknya.

Jika anda tertarik untuk menikmati keindahan alam di Gedad Palyen, cukup keluarkan ongkos sebesar Rp. 5000 sebagai tiket masuknya, maka anda sudah dapat menikmati deburan air yang mengalir deras menghantam tebing.

Lokasi: Gedad, Banyusoco, Kec. Playen, Kab.  Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

2. Air Terjun Jumong

Air Terjun Jumong

Photo by Instagram.com @lanangaryalesmana

Menikm ati air terjun diantara jembatan, wisata Air terjun Jumong inilah tempatnya. Ada ciri khas tersendiri saat anda berada di air terjun ini. Air terjun yang terletak di Karanganyar Jawa tengah ini memberikan panorama yang indah dan berbeda dari air terjun lainnya, pasalnya air terjun ini airnya mengalir dari tebing menuju muara dan langsung mengalir ke sungai setelahnya yang berada tepat di bawah jembatan.

Di tempat ini anda dapat menikmati bagaimana rasanya mandi di air terjun atau mungkin melakukan kemah di jalan setapak yang yang di sepaanjang aliran air sungai.

Lokasi: Jl. Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Trocoh Surodipo

Air Terjun Trocoh Surodipo

Photo by Instagram.com @rfqans

Terletak di Temanggung Jawa Tengah keadaan alam sekitar air terjun masih sangat asri dan memanjakan mata anda. Air terjun ini memiliki sejarah tersendiri sebagai tempat persembunyian pengikut Pangeran Diponegoro yang melakukan gerilya perang melawan Belanda, pengikut setia tersebut bernama Surodipo dan kini dijadikan nama oleh warga setempat untuk mengenang dirinya.

Lokasi: Tawangsari, Kec. Wonoboyo, Kab. Temanggung, Jawa Tengah.

4. Air Terjun Bengkawah Pemalang

Air Terjun Bengkawah Pemalang

Photo by Google Maps (Fajar AR)

Sesuai dengan namanya, air terjun yang terletak di Pemalang Jawa Tengah ini memberikan pemandangan yang asri dan sejuk meskipun air terjun ditempat ini tidak terlalu tinggi layaknya air terjun pada umumnya. Jika kita biasanya dihadapkan pada track ala pegunungan saat berkunjung ke air terjun, maka untuk mencapai air terjun ini kita hanya perlu melewati ladang persawahan dan kebun.

Lokasi: Jl. Sikasur – Simpur, Karangmulyo, Sikasur, Kec. Belik, Kab. Pemalang, Jawa Tengah.

5. Air Terjun Indrakila

Air Terjun Indrakila

Photo by Google Maps Andi (Andi Ngf K30)

Air terjun yang tersembunyi di Ungaran Barat ini sebenarnya sudah lama ditemukan oleh warga setempat. Air terjun ini disebut sebagai air terjun perawaan karena masih sangat sedikit pengunjung yang bertandang ke sana, mungkin disebabkan jalan yang masih licin dan track yang masih buruk. Namun seiring berjalannya waktu pembangunan dilakuakan oleh pemerintah dan warga setempat tujuannya agar pengunjung semakin banyak.

Lokasi: Indrakila, Lerep, Kec. Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah.

Apakah anda sudah mulai tertarik untuk mengunjungi salah satunya, jika sudah maka persiapkan stamina anda untuk menyusuri jalanan yang mungkin sedikit curam karena untuk mencapai air terjun di atas jalannya tidak mudah, selamat menghirup udara segar.