Wisata Unik! Camping dan Memantau Burung di Cagar Alam Pulau Dua

Lokasi: Sawah Luhur, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.

Map: Cek Lokasi

Cagar Alam Pulau Dua sering disebut juga sebagai Pulau Burung merupakan tempat wisata populer di Banten. Seperti namanya, tempat wisata ini merupakan cagar alam yang dilindungi. Sehingga untuk berkunjung, akan diperlukan surat izin khusus yang bisa didapat di pos penjagaan. Hal ini tentu saja menjadikan wisata ke Cagar Alam Pulau Dua sangat berbeda dan benar-benar unik.

Keunikan wisata di Cagar Alam Pulau Dua bukan saja karena lokasinya dilindungi. Cagar alam yang juga menjadi destinasi wisata ini sendiri menghadirkan berbagai hal menarik. Tidak heran bila hingga saat ini, masih banyak pengunjung dan wisatawan berbondong-bondong menghabiskan liburan di Cagar Alam Pulau Dua.

Di Cagar Alam Pulau Dua, pengunjung dapat menikmati beberapa aktivitas berbeda. Mulai dari trekking di antara dua pulau ketika laut surut. Camping di tengah-tengah hutan dan diantara pemandangan nan indah. Hingga memancing dan juga memantau burung. Pemantauan burung merupakan daya tarik wisata tersendiri di pulau ini. Hingga Cagar Alam Pulau Dua pun mendapatkan julukan sebagai Pulau Burung.

Rute Menuju Cagar Alam Pulau Dua

Rute Pulau Dua

Photo by Google Maps (Sugeng Raharjo)

Pulau Burung atau Cagar Alam Pulau Dua terletak di Pulau Dua. Tepatnya berada di bagian utara Serang. Lokasi Cagar Alam Pulau Dua sendiri berada di Sawah Luhur, Kec. Kasemen, Kab. Serang, Banten. Cagar Alam dan objek wisata ini tidak saja dilindungi oleh Pemerintah Banten. Melainkan juga masyarakat sekitar. Sehingga pastikan mematuhi peraturan dan menjaga lingkungan ketika berkunjung.

Rute ke Cagar Alam Pulau Dua bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Meskipun memang akan lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi. Perjalanan ke Cagar Alam Pulau Dua dari Serang akan menuju Karanghantu. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan kapal motor ke Pulau Dua.

Objek Wisata dan Keindahan Cagar Alam Pulau Dua

Keindahan Cagar Alam Pulau Dua

Photo by Google Maps (Asyep Syam)

Setelah tiba di Pulau Dua, akan ada pos penjagaan. Pulau Dua terbilang sepi dari penduduk dan masih merupakan pulau perawan. Saat berkunjung sebaiknya sudah menentukan apa rencana wisata di pulau ini. Beberapa pilihan objek dan aktivitas wisata diantaranya:

  • Memantau burung di pos pemantauan
  • Memancing di beberapa spot mancing di sekitar pulau
  • Trekking bila daratan menyatu ketika ombak surut
  • Camping di Pulau Dua

Di pos penjagaan pengunjung akan diminta mengisi daftar tamu. Sekaligus juga menuliskan tujuan wisata mereka. Termasuk bila memiliki rencana untuk menginap. Untuk memantau burung, perjalanan dari pos penjagaan dilanjutkan dengan jalan kaki selama 10 hingga 15 menit. Akan ada menara pemantauan setinggi sekitar 6 meter. Dari atas menara, pengunjung dapat menikmati pemandangan dan juga memantau berbagai jenis burung.

Pulau Dua dikenal sebagai surga untuk perkawinan burung. Di pulau ini paling tidak terdapat 72 jenis burung. Termasuk 14 jenis burung berbiak. Pulau Burung juga menjadi rumah untuk Mycteria Cinerea, yang hanya tersisa 6000 ekor saja di seluruh dunia. Berbagai jenis burung ini bisa dipantau dan diamati dari dekat melalui menara pemantauan.

Aktivitas wisata bisa dilanjutkan dengan memancing maupun trekking. Beberapa spot di Pulau Dua diketahui memiliki berbagai jenis ikan berbeda. Banyak pemancing yang secara sengaja datang ke Pulau Burung untuk melampiaskan hobi pancing mereka. Selanjutnya bila ingin menginap, perjalanan bisa diteruskan ke area camping. Selama perjalanan dengan berjalan kaki ini akan ditemui berbagai hewan berbeda. Mulai dari burung hingga biawak.

Cagar Alam Pulau Dua menawarkan pilihan wisata unik dan menarik di Banten. Tak sabar untuk segera berkunjung, bukan?