Pesona Keindahan Curug Leuwi Bumi yang Memancar

Lokasi: Ramea, Kec. Mandalawangi, Kab Pandeglang, Banten.

Map: Cek Lokasi

Obyek wisata yang baru dibuka secara resmi pada bulan Januari 2018 ini telah menjadi destinasi wisata yang semakin dikenal. Sebelum tertata seperti sekarang ini, dahulu area ini sangat padat dipenuhi pohon-pohon besar sehingga agak sulit diakses. Namun setelah adanya swadaya masyarakat akhirnya lokasi ini menjadi tempat wisata yang dapat dikunjungi.

Untuk dapat menuju ke Curug Leuwi Bumi anda perlu melakukan perjalanan yang cukup menanatangdan tidak mudah. Diawali dengan jalur kendaraan yang kita lalui belum sehalus jalan tol. Selanjutnya perjalanan juga akan menapaki bebatuan dan tanah liat yang jika di musim hujan akan sangat licin. Selain itu anda akan dibawa melewati tanjakan yang curam ditambah terjalnya medan. Banyak pengunjung yang memakirkan kendaraannya lebih awal di rumah-rumah warga dikarenakan medan yang sangat sulit.

Daya Tarik Curug Leuwi Bumi

Photo by Google Maps (M. MADAD)

Jika anda terbiasa dengan medan yang menantang, perjalanan bisa dilajutkan dengan kendaraan. Selanjutnya kita akan menyusuri jalan setapak dan sawah milik warga setempat. Jalan yang sempit serta licin dan juga berkelok-kelok membuat kita mendapati sensasi tersendiri. Pemandangan indah selama di perjalanan tentu juga membuat kita terkagum dan bahagia.

Curug Leuwi Bumi ini mengusung konsep agro ekowisata, yaitu menonjolkan keindahan curug dan perkebunan masyarakat desa sekitar. Air terjun Curug Leuwi Bumi memiliki ketinggian kurang lebih 3 meter. Memang tidak terlalu tinggi namun alran airnya menyebar di beberapa aliran sungai. Selain itu air terjun ini membentuk beberapa kolam yang sangat indah yang bisa kita jadikan tempat berendam atau berenang.

Air yang dimiliki Curug Leuwi Bumi ini sangat bersih dan jernih sehingga dapat memberi kesegaran sempurna bagi pengunjung. Pemandangan yang asri nan alami memberi kita kesejukkan yang tiada taranya hingga betah berlama-lama. Setelah lelah berendam atau berenang kita dapat menikmati kelapa muda sambil duduk santai memandangi hamparan warna hijau di sekeliling. Sesampai disini kita tentu dapat menghilangkan kepenatan atau stres setelah bekerja atau belajar.

Berikut ini beberapa fasilitas atau obyek wisata yang bisa kita nikmati di Curug Leuwi Bumi di antaranya:

Aktivitas di Curug Leuwi Bumi

Photo by Facebook.com @nadya.fajr

1. Berendam dan Berenang

Hati-hati jika berendam atau berenang disini, karena da kolam yang kedalamannya hingga 15 meter. Oleh karena itu gunakan pakaian keselamatan untuk menjaga keselamatan seluruh anggota keluarga kita. Selain kolam dalam ada juga kolam yang kedalamanya sepinggang atau sedada orang dewasa. Pilihlah kolam yang sesuai dan paling aman bagi keluarga anda.

2. Melompat dari Ketinggian

Aktifitas lain yang dapat kita lakukan di sini adalah melompat dari ketinggian, bisa dari sebuah tebing batu yang berada di samping kolam. Selain itu dari pengelola telah disediakan jembatan bambu yang dapat digunakan untuk tempat melompat. Namun demikian perlu hati hati jika anda tidak terlatih atau belum terbiasa.

3. Outbound

Di lokasi ini pengelola juga menyediakan fasilitas outbound sehingga bisa menambah keseruan putra-putri anda.

4. Menyusuri Sungai

Kita dapat melanjutkan susur sungai untuk mejelajah keindahan alam di sekitar Curug Leuwi Bumi ini. Jangan sia-siakan ketika anda berada di sekitar sini, gali keindahan alam dengan berfoto ria.

Dengan begitu banyak keindahan alam di sekitar Curug Leuwi Bumi maka segeralah jadwalkan berkunjung ke obyek wisata ini. Apalagi bagi anda yang berada di sekitar Banten tentu bisa menjadi alternatif liburan. Lokasi ini tak jauh yaitu di Kampung Turalak, Desa Rame, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang Banten.