Kenali Lebih Jauh Suku di Indonesia Lewat Museum

Berbicara mengenai museum pasti di berbagai kota di Indonesia sudah di bangun tentu dengan fungsi, tujuan, bentuk, dan mungkin fasilitas yang berbeda karena berbagai macam faktor yang ada. Museum tentu akan menjadi tempat yang cukup mengesankan bagi kalian para pecinta sejarah ataupun barang-barang antik. Jika kita berkunjung ke Jogja pasti akan ada banyak museum terkenal dan ternama karena sudah sering dikunjungi oleh masyarakat. Oleh sebab itu di sini akan di bahas mengenai museum-museum yang terletak di Pulau Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.

Berikut anda simak penjelasan mengenai museum-museum utama di Kota Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara yang biasa disebut sebagai museum nasional karena menyimpan seluk-beluk tentang kota yang menjadi tempat tinggalnya, jangan lupa sediakan secangkir teh untuk menemani anda menyimak.

1. Museum Negeri Provinsi Kalimantan Barat

Museum Negeri Provinsi Kalimantan Barat

Photo by Google Maps (Dwi Aprilyanto)

Museum negeri di Kalimantan Barat ini memiliki tiga ruang koleksi utama yang terdiri dari ruang pengenalan, budaya, dan keramik, semua ruang tersebut berada didalam gedung. Namun jika kita berjalan kebagian belakang gedung akan kita jumpai berbagai koleksi lain seperti batu, miniatur dan replika, serta jangkar yang diunakan nelayan di Kalimantan pada saat itu ketiika sedang berlabuh dari pelayaran.

Jam buka museum ini 08.00-14.30 dan anda harus menyediakan ongkos sebesar Rp.3000 untuk mengunjungi museum ini, cukup murah bukan untuk mendapatkan pengetahuan.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

2. Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tenggara

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tenggara

Photo by Google Maps (Indri Yani)

Bangunan yang unik menjadikan Museum Negeri Sulawesi Tenggara ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. di museum ini pengunjung akan disuguhkan dengan sejarah peradaban masyarakat yang tinggal di Sulawesi Tenggara. Museum yang mempunyai sepuluh ruang penyimpanan ini menyajikan budaya, adat-istiadat masyarakat Sulawesi Tenggara.

Selain menyajikan kebudayaan, museum ini juga menyimpan koleksi biotik, etnografi, dan biota laut yang menghuni laut Sulawesi. Bahkan tersedia juga ruang numenologi dan juga ruang filologik, anda dapat mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan Pulau Sulawesi utamanya tentang Sulawesi Tenggara dengan sangat puas.

Jika anda ingin mengunjunginya maka sediakan waku luang pukul 08.00-15.00 dan juga tiket masuk sebesar Rp.3000.

Lokasi: Jl. Abunawas No.113, Bende, Kec. Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

3. Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Photo by Google Maps (Kurnia Putra)

Museum negeri Nusa Tenggara Barat, merupakan museum yang menyimpan berbagai hal tentang Nusa Tenggara Barat. Koleksinya meliputi keramik, biologi, geologi, dan arsitektur, serta arkeologi. Selain menyimpan hal tersebut, museum ini jga menyimpan rumah adat dari berbagai daerah di NTB, pakaian adat, dan juga barang-barang tradisional khas NTB. Anda akan mengerti banyak hal tentang NTB setelah mengunjungi museum ini.

Jam buka museum ini adalah 08.00-15.00 serta anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp.2000 saja.

Lokasi: Jl. Panji Tilar Negara No.6, Taman Sari, Kec. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

4. Museum Negeri Nusa Tenggara Timur

Museum Negeri Nusa Tenggara Timur

Photo by Google Maps (Joko Yuwono)

Ada sekitar 6000-an koleksi di museum yang terletak di Jalan Raya Eltari ini. Museum ini menyimpan berbagai macam hal tentang masyarakat Nusa tenggara Timur. Museum ini menyimpan bentuk-bentuk rumah adat di NTT, replika pakaian adat, benda-benda tradisional. Ada juga hal tentang bilogi, filologi, dan juga areologi yang tersimpan di dalam museum ini, sama seperti museum nasional padaa umumnya, menyajikan berbagai seluk beluk kehidupan masyarakatnya.

Jam buka museum ini 08.00-18.00 dan anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja.

Lokasi: Jl. Eltari 2, Oesapa Selatan, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Anda sudah mulai tertarik untuk menyempatkan waaktu luang anda mengunjung museum-museum negeri yang adaa di beberapa kota diatas, maka segera luangkan waktu anda di akhir pekan untuk berwisata sekaligus memperoleh pengetahuan.