Menikmati Deburan Ombak di Pesisir Kulon Progo

Menjelajahi pantai Bantul dan Gunung Kidul nampaknya sudah sangat biasa bagi anda para pecinta pantai Yogyakarta. Namun anda harus tetap ingat bahwa di sebelah pojok barat Yogyakarta tepatnya di Kulon Progo anda akan mendapati pantai dengan deburan ombak yang cukup ciamik. Tak hanya deburan ombak tetapi palang-palang kecil yang menghiasi bibir pantai juga menjadi pesona tersendiri yang mennjadi ciri kkhas pantai di Kulon Progo. Tidak hanya menyajikan pantai dengan panorama indah pantai di Kulon Progo juga menyajikan keasrian dan kesejukan tersendiri saat kita berada disana.

Berikut beberapa pantai di Kulon Progo yang menyajikan keindahan eksotis dan deburan ombak yang fantstis daan sayang untuk dilewatkan.

1. Pantai Congot

Pantai Congot

Photo by Google Maps (Toni Rahadinoto)

Pantai Congot terkenal dengan Hutan Mangrovenya, pantai ini memiliki keunikan tersendiri karena terlihat perpaduan antara keadaan geografis Kulon Progo dan Pantai Selatan. Di bagian tepi pantai yang bersebelahan dengan Hutan mangrove memiliki kesan seperti bukan pantai namun lebih kepada rawa.

Letak Pantai Congot berada di perbatasan antara Yogyakarta dan Purworejo, memiliki deburan ombak yang cukup kencang namun memiliki kelimpahan ikan. Hal tersebut terbukti dari banyaknya masyarakat sekitar yang bermata pencaharian sebagai nelayan dan banyak perahu bersandar di bibir pantai. Tak sampai disitu banyak masyarakat dan wisatawan yang datang ke Pantai Congot untuk memancing karena memang pantai tersebut menyimpan ikan yang berlimpah.

Pantai berpasir hitam dengan panorama yang indah ini juga masih sedikit dikunjungi oleh para wisatawan karena memang belum banyak terekspos. Sehingga akan sangat cocok untuk mengambil nafas sejenak dari hiruk pikuk kehidupan dan me-refresh otak anda.

Lokasi: Desa Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

2. Pantai Bugel

Pantai Bugel

Photo by Google Maps (Fatimah Suseno)

Letak Pantai Bugel berada disebelah Pantai Bidara dan lokasinya masih sama yaitu di Kulon Progo. Apabila baanyak orang memilih Pantai Congot untuk mencari ikan, maka Pantai Bugel menjadi tempat yang cocok untuk berburu sunset dan ketenangan. Pantai ini memiliki hawa kesejukan tersendiri untuk anda menikmati kehidupan yang lebih tenang dan tentram.

Pantai ini tidaak hanya menyajikan hamparan pasir hitam naum juga rerumputan yang luas layaknya padang rumput stepa. Selain itu juga terdapat karang-karang landai yang membuat pemandangan semakin indah serta keunikan pantai ini. Ada juga pohon di tepi pantai yang biasanya digunakan para wisatawan untuk duduk-duduk dan melihat keindahan pantai dari ketinggian lebih.

Pasir hitam yang berkilau karena kandungan biji besi membuat keindahan di Pantai Bugel semakin memukau. Menjelang sore, keindahan Pantai Bugel semakin dapat dirasakan saat cuaca cerah sembari bersepeda santai karena memanng jalan sekitar tidak banyak dilalui pengendara.

Lokasi: Gumuk Waru, Bugel, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

3. Pantai Glagah

Pantai Glagah

Photo by Googl Maps (Taufiq Herry Ramadhan)

“Si Pemecah Ombak” Pantai ini memang lebih dikenal oleh masyarakat daripada dua pantai yang ada diatas karena lebih sering terekspos. Julukan “Si pemecah Ombak” memang patut diberikan kepada Pantai Glagah karena tetrapod yang terpasang di sepanjang bibir pantai dapat memecahkan ombak yang mencobaa menghantam bibir pantai.

Selain menyajikan pemandangan deburan ombak yang indah, anda juga bisa melakukan aktivitas seperti memancing, berjalan-jalan di kebun buah yaitu Agriowisata yang didirikan oleh Romo Paulus dengan tujuan memanfaatkan sebidang tanah yang terbengkalai.

Lokasi: Desa Glagah, Kec. Temon, Kabu. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Ingin merasakan deburan ombak yang menyejukkan hati dan hempasan angin laut yang menenagkan jiwa, sudah sepatutnya anda memasukkan tempat wisata diatas ke dalam daftar referensi anda untuk berlibur si akhir pekan, selamat berlibur.