Panorama Eksotis Green Canyon Pangandaran

Lokasi: Jl. Raya Cijulang – Green Canyon, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Map: Cek Lokasi

Green Canyon sebuah lokasi wisata yang menawarkan panorama hamparan air di antara tebing. Sungguh suasana luar biasa dengan pemandangan yang tak dapat digambarkan dengan kata-kata. Lokasi yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Pangandaran Jawa Barat ini menawarkan nuansa wisata bak Grand Canyon luar negeri. Di lokasi ini kita dapat melakukan body rafting dengan menyusuri aliran sungai serta melihat pohon-pohon hijau menjulang. Beberapa hal unik yang berkaitan dengan Green Canyon ini akan kita bahas berikut ini:

  • Pemberian nama Green Canyon ini karena lokasi ini mirip dengan sebuah lokasi wisata di luar negeri yang bernama Grand Canyon, Arizona Amerika Serikat. Selain itu warna air yang kehijauan juga menjadi tamabahan kata sehingga mirip Grand sejatinya Green.
  • Warga setempat sebenarnya memiliki sebutan sendiri sejak tempo dulu yaitu Cukang Taneuh. Cukang Taneuh yang dalam bahasa Sunda berarti jembatan tanah. Jembatan yang terbentuk dari tanah tersebut sebenarnya sudah dimanfaatkan oleh pendduk sekitar untuk menyeberang.
  • Selain itu ada air jatuh dari atas bak hujan tanpa henti menjadikan lokasi ini semakin memberikan pengalaman yang luar biasa. Tetes-tetes air yang jatuh tersebut sebenarnya berasal dari rembesan air yang tersimpan dalam tanah. Akar-akar pohon telah menahan air hujan di atas dan mengeluarkan secara perlahan menjadi hujan abadi tersebut.
  • Jika saat ini Green Canyon telah menjadi tempat wisata yang cukup populer, namun tempo dulu tidak seramai saat ini. Warga setempat dahulu justru mengenal Cukang Taneuh sebagai tempat angker. Banyak mitos menyelimuti lokasi ini hingga banyak warga tak berani menyambangi lokasi ini.

Lalu kira-kira kita bisa apa saja di Green Canyon ini, berikut aktifitas yang dapat dilakukan:

Green Canyon

Photo by Instagram.com @greencanyon.co.id

1. Wisata dengan Kendaraan Perahu

Aktifitas ini kita dapat menyewa perahu dan melakukan susur sungai di antara tebing batu nan eksotis yang tentu ditemani pemandu. Perahu tersebut dapat ditumpangi maksimal 6 penumpang dengan pakaian pelampung bagi tiap penumpangnya. Pengunjung yang boleh menikmati wisata ini yaitu yang berusia 5-60 tahun.

2. Full Body Rafting

Kegiatan Full Body Rafting diperlukan peralatan keamana yang lengkap seperti helm, pelampung, body protector dan decker. Kegiatan rafting ini akan memakan waktu kurang lebih selama 4-5 jam. Dikarenakan aktifitas yang cukup lama dan tentu melelahkan, oleh karena itu bagi pengunjung yang memiliki penyakit asma dan jantung tidak diperkenankan. Batasan usia yang diperkenankan boleh mengikuti kegiatan ini adalah usia 10-50 tahun.

Aktivitas Green Canyon

Photo by Google Maps (IRWAN MAULANA)

3. Menginap di Hotel

Selain menikmati susur sungai yang menakjubkan tersebut, kita dapat menginap di beberapa hotel yang ada di sekitar lokasi. Kita bisa singgah beberapa hari untuk menikmati kesejukkan udara dan keindahan alam sekitar Green Canyon tersebut.

4. Restoran

Selain penginapan sperti umumnya sebuah tenpat wisata tentu ada tempat dimana kita bisa menikmati hidangan khas daerah tersebut. Di lokasi ini juga ada beberpa rumah makan yang menyajikan berbagai menu masakan yang bdapat kita pilih.

5. Belanja Cendera Mata

Seperti biasa jika tak berbelanja oleh-oleh tentu ada yang tak lengkap rasanya. Oleh karena itu di area parkir Green canyon banyak lapak-lapak yang menjual pernak-pernik yang dapat menjadi kenang-kenangan. Selain itu masih di parkir utama ini kita bisa membeli jajanan khas daerah Pangandaran.

Itulah sekilas gambaran tentang Green Canyon Pangandaran, segeralah berkunjung dan nikmati kemegahannya.